Belajar dari Kelas Inspirasi

“Bagi Anda hanya satu hari cuti bekerja, namun bagi murid-murid itu bisa menjadi hari yang menginspirasi mereka seumur hidup. Berbagi cerita, pengetahuan, dan pengalaman untuk menjadi cita-cita dan mimpi mereka.” – Kelas Inspirasi

Saya sudah mendengar tentang Kelas Inspirasi sejak beberapa tahun yang lalu dan sangat tertarik untuk bergabung. Konsep untuk berbagi cerita mengenai berbagai profesi pekerjaan kepada anak-anak di bangku Sekolah Dasar (SD) menurut saya brilian! Jika saya masih menjadi siswa SD dan sekolah saya mendapat program Kelas Inspirasi ini, saya pasti melonjak-lonjak girang menyambutnya.

Pernah saya mendaftar untuk Kelas Inspirasi Jakarta sekitar 4-5 tahun yang silam, tapi saat itu dibalas dengan kabar bahwa sudah penuh yang mendaftar. Lalu waktu   pun bergulir.

Adalah teman masa kecil saya (yang hingga kini kami masih berkawan baik) yang mengingatkan saya untuk mendaftar menjadi relawan pengajar Kelas Inspirasi Yogyakarta. Itu terjadi sekitar satu setengah bulan yang lalu. Dengan semangat membara, saya langsung mendaftar dan berharap semoga bisa terpilih. Dan ketika membaca pengumuman dan ada nama saya di sana, saya begitu bahagia.

Saya bahagia karena saya bisa belajar dari kegiatan ini. Betul, saya memang mendaftar menjadi relawan pengajar, tapi bagi saya ini adalah kesempatan saya belajar.

Pagi ini saya mengikuti technical meeting Kelas Inspirasi Yogyakarta untuk belajar teknik-teknik berhadapan dengan para siswa dan bagaimana cara menginspirasi mereka. Dan benar, saya belajar banyak!

Tidak sekedar belajar hal-hal teknis, saya belajar mengenal nilai-nilai Kelas Inspirasi. Saya terhenyak ketika mendengar para relawan yang sudah berpengalaman membagikan kisah-kisah mereka; saya kagum akan semangat para relawan penyelenggara yang bekerja demi terwujudnya program yang berkelanjutan ini; saya merinding melihat gairah keinginan terwujudnya dunia pendidikan yang lebih baik di Indonesia. Iya, demi tercapainya cita-cita kemerdekaan: untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Hari Inspirasi, hari besar ketika saya dan teman-teman terjun ke sekolah-sekolah masih dua minggu lagi. Saya tak sabar untuk menantikan pelajaran-pelajaran apa lagi yang akan saya dapatkan sebelum, ketika dan setelah Hari Inspirasi.

Latest posts by virtri (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You can use markdown, yes that awesome markdown.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.