Berbagi 250cc

Hari ini saya kembali melakukan donor darah. Saya memang memasukkan “donor darah 4x” dalam daftar 29 hal yang saya akan lakukan dalam usia 29 tahun ^^. Kenapa 4x? Konon berdasarkan alasan kesehatan, tidak baik jika diambil darah sebanyak itu beberapa kali dalam jangka waktu kurang dari 3 bulan. Jadi, cukup 1x setiap 3 bulan kita melakukan donor darah.

Sebelumnya, saya sering kesulitan untuk menjadi pendonor. Bukan, bukan karena berat badan saya yang terlalu langsing ini. Meski saya kurang berbobot dalam banyak hal, tapi untuk urusan berat badan, rupanya bobot tubuh ini cukup memadai sebagai seorang pendonor. 52kg! Lumayan kan! Kamu tidak percaya saya berbobot demikian berat? Kamu lupa ya kalau dosa yang banyak mungkin bisa menambah berat badan! Nah, dalam kesempatan ini saya mengaku kalau saya memang seorang pendosa^^.

Kesulitan saya untuk bisa donor darah biasanya terletak pada Hb yang kurang dari 12.0. Sepertinya itu terjadi ketika saya belum sarapan sebelum donor. Atau ketika tubuh kurang bugar. Oleh karenanya, beberapa hari sebelum jadwal donor, biasanya saya akan berusaha (sedikit) berolah raga dan makan pagi banyak-banyak di hari-H. Teori itu tampaknya cukup manjur.

Saya agak sedikit menyesal, kenapa tidak sejak dulu, sejak usia saya 17 tahun, saya rutin mendonor. Saya terlalu pasif untuk ke kantor PMI atau ke RS untuk melakukan donor. Saya biasanya menunggu acara donor yang dilakukan di gereja, di kantor, atau di mall. Nah, biasanya pada saat-saat itu bertepatanlah dengan jadwal menstruasi saya. Jadi tidak bisa deh!

Beberapa teman saya juga punya alasannya masing-masing untuk belum ikut donor darah, 2 alasan utama mereka adalah takut jarum suntik dan takut lihat darah. Itu wajar. Tapi menurut beberapa orang yang juga mengalami hal yang sama, hal itu bisa ditanggulangi pelan-pelan. Caranya, ya ga usah dilihat jarumnya ketika proses penyuntikan berlangsung. Setelahnya, darah juga ga perlu dilihat dan diresapi berlama-lama keindahan warna merahnya, hehehe. Lakukanlah aktivitas yang seru sambil donor darah. Cek-cek HP misalnya atau cuci mata! Siapa tahu ada petugas atau pendonor di sekeliling yang cukup ganteng dan cantik ^^.

Yang tidak wajar adalah alasan seorang teman perempuan saya yang katanya takut gemuk jika donor darah (hellow! :D).

Eh, saya menemukan kampanye bagus untuk ini:

Ya, stop giving excuses, start giving life.

Dengan melakukan donor darah, kita bisa membantu PMI yang selalu kekurangan kantung-kantung darah setiap harinya.

Lebih dari itu, ada jiwa yang bisa kita bantu bertahan hidup dengan 250cc darah kita.

250cc saja, 4x setiap tahunnya.

250cc untuk sebuah hidup.

dan kampanye di bawah ini semakin menggugah saya untuk lebih rutin berbagi 250cc:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You can use markdown, yes that awesome markdown.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.