Berlibur ke masa lalu

Dari dulu saya punya keinginan untuk berlibur ke masa lalu. Iya, benar-benar pergi ke masa lalu, masa yang telah silam, dan bermain-main di dalamnya untuk beberapa waktu. Jika mesin waktu benar-benar ada, saya pasti akan berusaha memilikinya dan menggunakannya sesering saya suka untuk berjalan-jalan ke masa lalu, baik itu masa kecil saya, masa remaja saya atau masa ketika saya baru saja menginjak usia dewasa.

Saya merasa tiap-tiap waktu di jenjang usia saya menyenangkan. Pengalaman yang menyenangkan dan tentu saja lingkungan dan teman-teman yang menyenangkan. Itu yang membuat saya ingin pergi kembali ke masa lalu.

Bulan Desember kemarin, tanpa saya menyadarinya, keinginan saya terwujud. Saya berlibur ke masa lalu!

(Pinggiran) Jakarta

Awal Desember, saya melancong ke beberapa daerah di mana saya tumbuh dan dibesarkan. Perlu dicatat, keluarga saya nomaden, tinggal berpindah-pindah. Semenjak saya usia dua tahun hingga kini, seingat saya kami sudah menempati 8 rumah! 6 di Jakarta dan 2 di Jogja. Nah, saat itu saya mengunjungi 4 dari 6 rumah di Jakarta yang kami pernah huni, dari mulai rumah di Bukit Indah, Wira Makmur, Pamulang, dan BSD. Saya juga melewati semua bangunan sekolah saya dulu, dari mulai TK Dian Karuna, SDN Sarua VI, SLTP 3 Ciputat (yang masih saja saya sebut ‘One’), dan SMU Santa Ursula 2 BSD.

Bayangan-bayangan masa kecil dan masa remaja saya terkuak lebar. Kenangan akan masa-masa di sekolah terpapar satu demi satu. Bangunan-bangunan yang dahulu besar, terlihat kecil sekarang. Jalan-jalan yang lebar, kini terasa sempit dilalui. Saya pun tersenyum-senyum sendiri mengingat apa saja yang telah saya lalui di tempat-tempat itu bersama teman-teman saya. Hal-hal yang seru, terkadang disertai kenakalan-kenakalan yang lucu.

Surabaya

Pertengahan Desember, dalam rangka tugas kantor, saya ke Surabaya. Tahun 2007-2008, sekitar 15 bulanan, saya menetap di kota ini setelah sebelumnya saya ditempatkan di kota Malang. Lagi-lagi saya tidak bisa mengelak dari kenangan saya ketika saya tinggal di kota ini. Pekerjaan saya yang menyenangkan, meski terkadang melelahkan; teman-teman yang asyik; makanan-makanan kesukaan (dengan sambal yang mantap); perjalanan-perjalanan ke luar kota di Jawa Timur; pun aktivitas-aktivitas yang saya lakukan di waktu senggang.

Jogja

Di akhir Desember saya pun kembali ke Jogja, rumah saya, di mana mama, papa, kakak saya (dan keluarganya) tinggal di sana. Sekitar lima hari saya di sana untuk merayakan Natal. Hampir tiap bulan saya kembali ke kota ini, untuk melepas rindu dengan keluarga saya, sahabat-sahabat saya, dan melepas rindu terhadap kota ini.

Kota Jogja selalu menyimpan warna-warni yang membekas di hati saya. Bagaimana tidak, kehidupan kuliah saya yang luar biasa itu, masa-masa awal saya bekerja, sampai kisah kasih saya terjalin apik di sudut-sudut cantik kota ini. Kenangan tentang bahagia, tertawa, sedih, juga luka tersimpan rapi.

Kaca spion

Berlibur ke masa lalu memang seru. Meski ketika saya lihat ulang hidup saya, ternyata tidak semuanya menyenangkan. Ada beberapa perih juga di sana. Namun saya rasa keduanya baik untuk saya. Pelangi warna yang ada dalam hidup saya akan membuat saya belajar lebih banyak.

Hidup bagi saya seperti halnya mengendarai mobil. Jika saya ingin melihat apa yang ada di belakang, saya bisa menggunakan kaca spion. Banyak hal yang bisa saya lihat dari kaca spion, perjalanan yang telah saya lalui, masa lalu saya. Namun rasanya tidak bijak jika saya melihat ke arah kaca spion terus-menerus. Saya harus lebih banyak melihat ke depan, ke tujuan saya. Masa depan yang gemilang sudah menanti saya di sana.

Sudah bulan Januari, tahun sudah berganti, liburan saya ke masa lalu sudah usai. Saya akan mulai mengejar mimpi saya lagi di tahun ini.

Selamat tahun baru! Selamat mewujudkan mimpi-mimpi!

Latest posts by virtri (see all)

2 thoughts on “Berlibur ke masa lalu

  1. Makasih yah dah sempetin ke rumah walau gak ketemu, seneng denger kabar dari lo

    Gw juga akan mengejar mimpi lagi di tahun ini

    Met Tahun Baru Kejar dan Wujudkanlah mimpi lo 😀

  2. Selamat tahun baru juga, Ges! Lo juga ya, selamat mengejar & mewujudkan mimpi lo. Tar kalo gw ke sana lagi, gw akan kabar2i 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You can use markdown, yes that awesome markdown.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.